SERANG, Aspirasi.net — Komandan Komando Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) turut hadir dalam Tour de Banten Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Banten, Kamis (19/4/2018).
Pada hari pertama kunjungan ke Banten, putera sulung SBY ini juga memberikan orasi politik di hadapan para kader dan pengurus Partai Demokrat se-Banten yang baru dilantik di Alun-alun Kota Serang. Pria yang pernah maju pada Pilgub DKI Jakarta ini memberi motivasi kepada para pengurus dan kader untuk berjuang bersama memenangkan partai dalam pertarungan politik pilkada serentak, pemilihan legislatif, dan pemilihan presiden (PilPres).
Terkait pilpres, usai acara AHY kepada wartawan menyatakan bahwa dirinya belum bisa memetakan kepada siapa Demokrat akan melakukan koalisi. Menurutnya hingga masa pendaftaran calon di Pilpres 2019 pada Agustus 2018 mendatang, partai politik masih terus bergerak dinamis.
 Dikatakan, di internal partai maupun masyarakat memang ada dorongan agar dirinya maju sebagai calon alternatif di pilpres mendatang. “Ada harapan, ekspektasi dan doa sekaligus yang disampaikan kader Demokrat dan masyarakat luas agar AHY jadi salah satu calon alternatif,” katanya.
Kendati demikian, AHY belum bisa memutuskan dorongan tersebut karena dinamika politik yang masih tetap dinamis. Menurutnya, partai saat ini masih fokus menghadapi pilkada serentak dan Pemilu 2019. Lebih lanjut ia menyatakan bahwa saat ini tidak ada satupun partai yang bisa sendirian mengusung calon pada pilprea karena adanya syarat presidential threshold. Dengan syarat tersebut maka juga parpol harus membangun koalisi untuk mendapatkan tiket mengusung pasangan calon pada pilpres.
“Ini terkait dengan parpol lain, masing-masing punya kepentingan, agenda dan harapan,” paparnya.
Menurut AHY, pada masa kejayaan Partai Demokrat, Banten merupakan salah satu lumbung suara partai. Namun pada Pemilu 2014 lalu, Partai Demokrat kehilangan banyak suara dari wilayah di ujung barat Pulau Jawa ini. Olehkarena itu, ia mendorong pengurus dan kader partai untuk merebut kembali suara-suara yang hilang untuk memenangkan pemilu mendatang.
 Banten sebuah provinsi penting dengan populasi nomor 6 terbesar di Indonesia. Kita berharap dari Banten, Demokrat bisa bangkit dan sukses,” ujarnya. (Amel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.