CILEGON, aspirasi.net — Ribuan pelajar SMP dan MTs di Kota Cilegon akan menjalani Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) mulai Senin (23/4/2018) hingga Kamis (26/4/2018) mendatang. Sebanyak 4.824 jumlah pelajar akan mengikuti UNBK berasal dari 17 SMP dan 28 Mts, sedangkan sebanyak 2.820 pelajar dari 25 SMP dan 14 MTs lainnya masih akan menjalani UN dengan pola UNKP.

“Hari ini kita baru terima naskah soal yang untuk UNKP atau manual, dan sudah kita serahkan juga ke panitia sub rayon untuk SMP di SMP Negeri 1 tempat penyimpanannya dan MTs, di MTs Negeri 1 Cilegon, barulah nanti tiap hari ujian diambil oleh sekolah penyelenggara,” ucap Kepala Bidang SMP pada Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Cilegon, Suhendi, Jumat (20/4/2018).
  Ia mengatakan, pada tahun 2018 ini jumlah peserta UNBK itu mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. “Untuk UNBK di SMP tahun ini meningkat menjadi 17 sekolah penyelenggara dari tahun sebelumnya 6 sekolah. MTs yang tadinya tidak ada sama sekali, sekarang ada 28 MTs yang menjalani UNBK. Tahun depan kita harapkan sudah UNBK semua,” katanya.
Pada bagian lain Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Cilegon, Ratnawati Hasibuan mengatakan masih adanya SMP yang menjalani ujian dengan pola UNKP lantaran keterbatasan persoalan infrastruktur penunjang UN.
“Kalau prasarananya sih sebenarnya sudah siap, cuma masih terkendala persoalan jaringan internetnya yang belum memadai. Mudah-mudahan tahun depan sudah bisa (UNBK),” katanya. (Amel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.