1. Situ atau Setu Rawa Besar / Setu Lio
Depok tidak hanya terkenal sebagai kota belimbing. Salah satu kotamadya di Jawa Barat ini juga memiliki banyak situ atau danau yang sengaja dijadikan tempat rekreasi. Berikut ini situ-situ di Kota Depok yang menawarkan wisata air bagi anda dan keluarga.
Yang pertama adalah Situ Rawa Besar. Danau yang juga dikenal dengan nama Situ Besar Lio ini terletak di Kampung Lio, Depok. Situ seluas enam hektar tersebut terbentang dari Jalan Wijaya Kusuma hingga Jalan Dukuh Pasar Lama. Di sini pengunjung dapat menyewa perahu atau sepeda air untuk menjelajahi permukaan danau. Kegiatan lain yang dapat dilewatkan adalah jalan-jalan mengikuti jalur pedestrian sambil menikmati pemandangan danau.

 

2. Situ Asih Pulo – Rangkapan Jaya

Danau kedua bernama Situ Asih Pulo di Jalan Bonang, Kelurahan Rangkapan Jaya, Pancoran Mas. Tempat wisata ini telah dikelola dengan cukup baik. Seperti halnya situ lain, di sini tersedia wahana sepeda air. Danau tersebut juga merupakan tempat menarik untuk berpiknik. Selain bersih, lingkungan sekitar danau juga tampak hijau sehingga suasananya sejuk dan asri. Pengunjung dapat memanfaatkan pendopo yang tersedia untuk berpiknik.

                                                                                                    3. Situ Pengasinan

Situ Pengasinan dapat dijadikan alternatif tujuan berlibur selanjutnya. Objek wisata ini memiliki wahana yang cukup lengkap. Selain memainkan perahu kayuh, Anda juga bisa menguji adrenalin dengan mencoba permainan flying fox. Tempat tersebut juga merupakan destinasi favorit untuk memancing. Di dalam danau terdapat berbagai jenis ikan air tawar seperti gurame, lele, mujair, ikan mas, dan ikan gabus.

                                                                                                             4. Situ UI
Kampus Universitas Indonesia tidak hanya dikunjungi oleh para akademika yang hendak menuntut ilmu. Area yang memiliki beberapa danau alam membuat kampus tersebut juga sering didatangi masyarakat untuk berwisata. Situ UI terdiri atas empat danau yaitu Situ Kenanga, Situ Mahoni, Situ Puspa, serta Situ Agathis. Keempatnya sering dikunjungi saat liburan atau akhir pekan. Kegiatan yang biasa dilakukan saat berkunjung ke danau kampus tersebut adalah memancing dan piknik.
Untuk mengunjungi danau di Kota Depok sebaiknya pengunjung menggunakan kendaraan pribadi. Dari arah Jakarta silakan berkendara menuju Depok lewat Jalan Raya Pasar Minggu. Ikuti jalan tersebut hingga Jalan Lenteng Agung. Dari sana Anda tinggal melanjutkan perjalanan menuju danau-danau yang ingin dikunjungi.
                                                                                                     5. Situ Cilodong
Situ Cilodong terletak di Jalan Abdul Gani. Danau yang sempat terkontaminasi limbah rumah tangga ini telah dikonservasi tahun 2006. Saat ini Danau Cilodong menjadi salah satu tempat yang menawarkan wisata air di Kota Depok. Pengunjung dapat menjelajahi danau menggunakan sepeda air atau berjalan-jalan sambil menikmati pemandangan sekeliling danau. Situ tersebut juga terkenal sebagai destinasi pemancingan. Tidak perlu khawatir bila lupa mempersiapkan perlengkapan memancing karena kios-kios di sekitar danau sudah menyediakannya untuk Anda dan sekeluarga.
                                                                                               6. Situ Pedongkelan
Danau berikutnya terletak di perbatasan Depok dengan Jakarta Timur. Danau yang dinamai Situ Pedongkelan tersebut merupakan destinasi wisata air keluarga. Pengunjung biasanya menghabiskan waktu dengan berkeliling danau menggunakan sepeda air. Pada saat peringatan Kemerdekaan RI, tempat rekreasi yang memiliki nama lain Situ Armai ini kerap menyelenggarakan pesta rakyat yang disebut ngubek situ.
                                                                                               7. Situ Citayam
Memasuki perbatasan Depok dan Bogor, Anda dapat menjumpai Situ Citayam. Seperti hanya Situ Pedongkelan, danau di Kelurahan Bojong ini juga tempat untuk mengadakan kegiatan ngubek situ. Bedanya, ngubek situ Danau Citayam dihelat bertepatan dengan HUT Kota Depok. Wahana permainan yang dapat dinikmati meliputi sepeda air dan perahu kecil.
                                                                                                 8. Situ Jatijajar
Yang terakhir adalah Situ Jatijajar. Tempat wisata ini berlokasi di Kecamatan Cimanggis. Tepian danau seluas 6,5 hektar tersebut telah dilengkapi dengan pedestrian atau jalur perjalanan kaki. Jadi, setelah bosan memainkan perahu bebek, pengunjung dapat berjalan-jalan untuk menikmati pemandangan sekitar danau. Situ Jatijajar juga dilengkapi tempat bersantap bernama Saung Situ Jatijajar.
Untuk mengunjungi danau-danau di Kota Depok sebaiknya pengunjung menggunakan kendaraan pribadi. Dari arah Jakarta silakan berkendara menuju Depok lewat Jalan Raya Pasar Minggu. Ikuti jalan tersebut hingga Jalan Lenteng Agung. Dari sana Anda tinggal melanjutkan perjalanan menuju danau-danau yang ingin dikunjungi. Orsini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.